3 Kunci Sukses Jadi Pengusaha Ala BJ Habibie



Mantan Wakil Presiden Indonesia BJ Habibie memiliki perhatian khusus untuk dunia usaha dan perekonomian Indonesia.

Dari pengalamannya menjadi ahli teknologi dan mendirikan industri strategis selama puluhan tahun di Indonesia dan luar negeri, Habibie mau berbagi strategi menjadi pengusaha sukses. Setidaknya ada tiga hal yang menjadi kunci utama seorang pengusaha sukses.

Habibie menegaskan, pertama tidak ada istilah trik menjadi pengusaha sukses karena trik menurutnya hal yang tidak baik. Kedua, bagaimana menghasilkan produk yang tepat waktu, ketiga membuat produk berkualitas berbiaya rendah sehingga sukses di pasaran.

"Tips selesaikan sesuai jadwal dan berkualitas, tidak ada trik. Setelah itu uang kejar anda," tutur Habibie pada Acara Wirausaha Muda Mandiri di JCC Senayan Jakarta, Kamis (17/1/2013).

Selain itu, penulis naskah buku Habibie & Ainun ini menyebut, menjadi pengusaha sukses, mereka harus menjual produknya harus beroritasi pada pasar serta mencintai apa yang mereka lakukan.

"Produk secara studi pasar ada pasarnya. Membawakan produk itu di pasar, kita buat pesawat dan kendaraan hanya di garasi kita nggak dapat duit. Itu sesutu yang wajar dan normal," tambahnya.

0 comments:

Post a Comment